F0nhw1Im2cVa7GlhePYji7coHewOm0R3J52NdT2R

Jelajah Wisata Halal Di Taiwan

Ramah Muslim
RAMAH MUSLIM : Toucheng Leisure Farm menyediakan perlatan makan khusus untuk muslim.

Meskipun mayoritas penduduknya non muslim. Begitu juga dengan makanannya yang non halal. Namun bukan berarti Taiwan tidak menarik untuk dijelajahi bagi kaum muslim. Sekarang sudah banyak tempat yang ramah dan mudah ditemukan. Mulai dari hotel, tempat wisata hingga tempat makan.

Saat ini Taiwan sedang gencar mempromosikan wisata halal. Hotel, restoran dan tempat wisata didorong untuk ikut serta dalam sertifikasi memperoleh predikat ramah muslim dan halal. Tidak gampang memang, namun demi kunjungan wisata yang terus naik. Pemerintah Taiwan membantu mempermudah mereka dengan berbagai pelatihan dan sertifikasi.

Banyak lembaga yang ditunjuk untuk menjadi verifikator halal di sana. Salah satunya The Chinese Muslim Association. Ada 9 jenis sertifikasi yang diberikan. Mulai dari hotel, restoran, produk makanan hingga sertifikasi untuk dapur halal.

---------------------------------------------------------------
Jumlah Tempat Yang Sudah Ramah Muslim :
Restoran      : 85 tempat
Hotel            : 89 tempat
Homestay     : 29 tempat
Dapur halal   : 4 tempat
Agrowisata  : 10 tempat
---------------------------------------------------------------

Biasanya hotel maupun restoran akan memajang predikat halal di setiap meja resepsionisnya. Agar pengunjung yang datang bisa dengan mudah mengenalinya. Dengan begitu mereka bisa yakin bahwa tempat yang sedang didatangi telah menyediakan fasilitas yang disesuaikan untuk muslim.

Hotel yang sudah mengantongi sertifikat halal akan memiliki dua peralatan dapur yang berbeda untuk memasak. Satu perangkat khusus digunakan untuk berbagai masakan non muslim. Sementara perangkat lain digunakan bagi pengunjung muslim.

Hotel Far Glory
BERKELAS : Hotel bintang 5 Far Glory sudah mendapatkan sertifikat halal dan ramah muslim.

Nah penggunaan alat-alat ini pun sangat ketat. Jika tempat itu ketahuan tidak mengikut standar yang ditentukan. Izin usahanya bisa saja dicabut dan dikenai sanksi.

Misalnya di  Toucheng Leisure Farm yang ada di Kota Toucheng, Distrik Yilan. Tempat tersebut menawarkan wisata agro sekaligus resort. Disana juga sudah memperoleh sertifikasi halal dan ramah muslim.

Fasilitas seperti musala sudah tersedia. Di setiap kamar sudah ada petunjuk arah kiblat. Biasanya disematkan dalam laci tiap kamar. Ada juga Al-Quran dan sajadah disiapkan.

Peraturan itu juga sudah mendetail hingga fasilitas lain. Seperti toilet juga demikian. Penginapan yang sudah mengantongi ramah muslim akan menyediakan keran air. Bukan toilet kering yang umum ada di Taiwan.

Keran air ini disediakan untuk berwudu. Disisi lain agar wisatawan muslim lebih nyaman saat setelah buang air besar.

Peralatan makan hingga dapur juga tersedia khusus. Ada logo halal yang disematkan dalam setiap perangkat itu. Seperti sendok, gelas mangkuk hingga yang paling kecil hingga tusuk gigi pun ada logo halal yang disematkan. Tentunya ini hanya di gunakan saat ada pengunjung muslim. Selain itu, perangkat itu tidak akan keluar.

Kokinya pun tidak sembarangan. Mereka sudah mendapat bekal pengarahan dari masing-masing asosiasi yang mengeluarkan sertifikasi. Sehingga mereka bisa paham apa saja yang boleh dan dilarang digunakan. Seperti bumbu dapur yang halal dan tidak. Karena itu jangan sungkan untuk bertanya soal makanan halal saat menginap di hotel yang tersebar di penjuru Taiwan.

Soal bahan, di Taiwan sudah terdapat rumah potong yang ramah muslim. Saat mengikuti sertifikasi, hotel restoran maupun tempat lain akan mendapat rekomendasi. Di mana saja mereka bisa menemukan bahan-bahan halal.

Biasanya tempat-tempat pemotongan dan distributor bahan lain juga sudah mendapat sertifikasi halal dari asosiasi muslim di sana. Jadi aman deh.

TERJAMIN : Teh salah satu produk unggulan Taiwan yang sudah terverifikasi halal.

Tidak ketinggalan juga soal oleh-oleh. Sekarang para produsen makanan di Taiwan terus berlomba-lomba memperoleh sertifikasi mereka. Selain menambah pasar, adanya jaminan halal itu membuka pangsa pasar yang lebih besar.

Apalagi sasaran wisata halal memang salah satunya adalah Asia Tenggara. Seperti Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam. Juga dari kawasan negara-negara Timur Tengah juga. (Galih Adi Prasetyo)
Related Posts
Galih AdiPs
Senang berbagi cerita soal rasa. Menjelajah kekayaan aroma kuliner nusantara. Menorehkan kisah perjalanan yang istimewa dalam bait karya.

Related Posts

Post a Comment