F0nhw1Im2cVa7GlhePYji7coHewOm0R3J52NdT2R

Cobain Lezatnya Bandeng Keropok Khas Gresik

Bandeng Keropok khas Gresik
Bandeng Keropok kuliner khas Gresik dengan toping dan cocolan sambal petis.


Tidak ada bosannya untuk menyantap bandeng.  Selalu penasaran kalau ada olahan baru soal bandeng. Seperti yang satu ini  Bandeng Keropok namanya.

Sebenarnya kuliner ini sudah lama ada. Hanya saya tahunya barusan saja. Duh menyesal rasanya. Ke mana saja saya dulu.

Katanya bandeng keropok ini asli kuliner Gresik. Biasanya disajikan saat ajang kumpul-kumpul. Namun di beberapa daerah yang juga banyak olahan bandeng, juga ada olahan seperti ini. Salah satunya di Semarang.

Konon nama keropok ini berasal dari bahasa Gresik. Keropok memiliki arti kumpul-kumpul. Sebab menu bandeng ini selalu jadi sajian saat makan bareng.

Bandeng Keropok khas Gresik
Paling nikmat bandeng dinikmati setelah digoreng.


Pada dasarnya Bandeng Kropok ini ikan yang digoreng kering. Kemudian siram dengan sambal petis plus kecap yang pedas. Terakhir ditaburi bawang merah goreng yang melimpah.

Tetapi menggoreng bandeng keropok ini ada teknik khususnya. Sayatan pada badan ikan lebih banyak. Jaraknya lebih rapat. Jadi saat digoreng seluruh bagian akan lebih garing. Begitu pula saat disiram sambal, tidak ada bagian yang luput dan meresap hingga bagian dalam.

Apalagi jika bandeng yang dipakai ukuran besar.  Rasa daging bakal maksimal lebih gemol. Sepotong daging yang dicocol sambal petis pedas. Mata dibuat merek melek.

Paling nikmat menyantap menu ini sama nasi hangat. Apalagi kalau bandeng masih kondisi hangat. Baru mentas dari penggorengan. Lidah rasanya dimanja, traveling dengan perpaduan rasa gurih dan manis.

Bandeng Keropok khas Gresik
Daging yang gurih dan kering semakin sedap saat dicocol dengan sambal petis.


Yang bikin Bandeng Kropok ini istimewa adalah ada tambahan sambal petisnya. Pakai petis udang. Namun sudah di bumbu, dengan cabai dan bawang. Jadi rasanya tidak eneg.

Kalau bosan dengan ikan goreng dan sambal yang itu-itu saja. Bandeng kropok ini juga bisa jadi pilihan.

Bandeng kropok yang saya coba ini produksinya Mak Cah. Salah satu brand yang sudah misuwur di Gresik. Jadi sudah jaminan rasanya jempolan.

Di Semarang sendiri olahan bandeng keropok tidak jauh berbeda. Hanya dari tampilan sajiannya saja. Terkadang ada yang sayatan bandeng tidak seperti bandeng keropok Gresik, seperti makan ikan biasa.

Di Boyolali ada bandeng keropok. Kalau di sini ikannya yang dibelah dua. Kemudian di bakar dengan bumbu kecap. Bukan di goreng seperti di Semarang atau Gresik. (Galih Adi Prasetyo)

Harga : Rp 45.000
Jam Buka : 07.00-21.00
Related Posts
Galih AdiPs
Senang berbagi cerita soal rasa. Menjelajah kekayaan aroma kuliner nusantara. Menorehkan kisah perjalanan yang istimewa dalam bait karya.

Related Posts

Post a Comment