F0nhw1Im2cVa7GlhePYji7coHewOm0R3J52NdT2R

Segar dan Nikmat Sayur Terancam

Sayur terancam
Perpaduan sambal kelapa dan sayuran segar sangat nikmat dimakan dengan nasi hangat.

Mumpung mendung. Cari menu yang harus mendukung. Nasi anget, telur dadar, ikan asin, dan terancam.

Suasana seperti ini memang cocok makan yang pedas, anget, tapi tetap ada seger-segernya. Terancam bisa jadi pilihan.

Perpaduan sambal kelapa dengan potongan sayur mentah. Bisa mentimun, cambah pendek, kemangi, dan kacang panjang. Tekstur kriuk sayuran yang masih fresh itu bisa meningkatkan nafsu makan jadi tambah lahap.


Padahal kombinasi bumbunya juga sederhana saja. Bawang putih, cabai, kencur, daun jeruk dan sedikit terasi. Nyatanya memberikan sensasi makan yang berbeda. Rempah kencur dan daun jeruk benar-benar racun, menghasut perut lapar terus-terusan.

Sambal kelapa yang saya buat ini dalam kondisi matang. Sudah dikukus. Sebetulnya resep kampung tidak begitu, sambal kelapa cukup di cos dengan kreweng. Pecahan genting dari tanah liat.

Kreweng di bakar sampai panas pol. Lalu di cos ke kelapa yang sudah dicampur dengan bumbu. Cosssss, suara desisan itu dan asap yang keluar memberikan aroma yang berbeda. Benar-benar harum.

Cara ini menciptakan sambal kelapa yang setengah matang. Teksturnya tidak sampai layu-layu amat. Rasa cabai segar juga masih terasa nikmat.

Sayang, saya tidak menemukan kreweng di dekat rumah. Adanya asbes dan galvalum. Kalau ada yang punya kreweng, boleh dong saya minta. (Galih Adi Prasetyo)



Related Posts
Galih AdiPs
Senang berbagi cerita soal rasa. Menjelajah kekayaan aroma kuliner nusantara. Menorehkan kisah perjalanan yang istimewa dalam bait karya.

Related Posts

Post a Comment