F0nhw1Im2cVa7GlhePYji7coHewOm0R3J52NdT2R

Si Merica dari Lereng Gunung Penanggungan

Durian merica mentega
Durian merica dari Trawas, Mojokerto, memiliki rasa yang tidak kalah dengan durian luar negeri.

Sudah musim durian. Paling dekat cari durian ya di Mojokerto atau Bangkalan. Keduanya punya karakteristik unik dan rasanya tentu sangat nikmat.

Akhir pekan kemarin saya sempatkan ke Mojokerto. Tepatnya di Dusun Duyung, Trawas. Dekat jalur pendakian Gunung Penanggungan via Tamiajeng.

Ada durian yang jadi unggulan. Namanya durian merica. Sesuai namanya, bentuknya kecil. Per buah bobotnya tidak sampai sekilo.

Durian ini kecil-kecil cabai rawit. Rasanya sangat istimewa untuk kelas durian lokal. Baik rasa, teksturnya, atau ketebalan dagingnya.

Durian merica mentega
Keunggulan durian merica mentega memiliki biji yang kecil dan daging tebal.

Durian ini ada dua jenis. Merica susu dan mentega. Untuk merica susu warnanya putih. Dagingnya sangat krimi, lembut, dan sedikit berserat.

Rasanya cenderung manis pahit. Bikin lidah kebas atau mati rasa. Saat makan di hidung rasanya semriwing. Durian ini cukup berat. Kepala saya terasa berat setelah habis dua sisir.

durian merica mentega
Tekstur durian merica mentega Trawas memiliki tekstur daging yang lembut dan krimi.

Nah yang jadi primadona ya merica mentega. Warnanya kuning. Dagingnya punel dan lembut. Satu yang bikin saya kesengsem dengan durian ini karena pongge atau biji banyak yang kempet. Dalam satu sisir minimal 1-2 butir memiliki biji seukuran kuku.

Namun sayang, tahun ini warna merica mentega sedikit turun. Tahun lalu warnanya lebih kuning ke jingga. Namun soal rasa durian ini masih stabil. Benar-benar istimewa. (Galih Adi Prasetyo)

Harga : Rp 30.000-50.000
Jam Buka : 07.00-21.00
Related Posts
Galih AdiPs
Senang berbagi cerita soal rasa. Menjelajah kekayaan aroma kuliner nusantara. Menorehkan kisah perjalanan yang istimewa dalam bait karya.

Related Posts

Post a Comment