F0nhw1Im2cVa7GlhePYji7coHewOm0R3J52NdT2R

Lumpia RKZ yang Legendaris di Surabaya

Lumpia Asli Semarang depan RKZ "Catrin"
Salah satu lumpia Semarang legendaris di Surabaya dengan isian penuh rebung dan kulit yang renyah.

Inilah lumpia tertua di Surabaya. Juga sebagai pelopornya makanan khas Semarang di kota pahlawan. Saking istimewanya Lumpia Asli Semarang depan RKZ "Catrin" ini bisa bertahan sampai sekarang.

Saat ditanya di mana lumpia enak di Surabaya? Hampir semua sepakat lumpia di dekat Rumah Sakit RKZ Surabaya adalah salah satunya. Saking enaknya, satu biji belum cukup memuaskan lidah yang berkecamuk dengan rasa jajanan ini.

Lumpia ini memiliki keistimewaan luar dalam. Bak seorang perempuan yang sempurna jiwa dan raganya. Bikin geleng-geleng dan mabuk bukan kepalang.

Gigitan pertama akan disuguhi kulit yang gurih dan garing. Ambyar dimulut. Renyahnya hingga lapis kedua. Biasanya lumpia masih menyisakan kulit yang kurang garing di layer kedua.

Namun ini berbeda, teknik deep frying mampu menyempurnakan adonan kulit yang begitu tipis ini. Seperti makan keripik.

Lumpia Asli Semarang depan RKZ "Catrin"
Saus taoco yang manis dan gurih menjadi pelengkap penganan istimewa ini.

Kejutan berikutnya ada di isiannya. Rebung, telur, dan ayam yang padat. Rasanya manis, dengan bau rempah seperti merica dan pala yang kuat. Kemudian aroma tunas bambu yang khas seolah-oleh meletup dan menggairahkan diri untuk terus mengunyah.

Belum lagi dipadukan dengan taoco istimewa. Tidak terlalu encer atau kental. Rasa fermentasi kedelai memberikan sedikit rasa asam di ujung. Berpadu dengan manis legit dan gurih.

Ada varian lain lumpia basah yang patut dicoba juga. Jika kulit lumpia goreng cenderung tipis. Lumpia basah lebih tebal. Sangat empuk dan lembut.

Lumpia Asli Semarang depan RKZ "Catrin"
Varian lumpia basah yang juga menggoda selera.
Layaknya memakan isian lumpia dengan balutan kue spons yang begitu halus. Dengan rasa gurih tipis yang memperkaya sensasi menyantapnya.

Memang rasa istimewa Lumpia RKZ sudah banyak mengalami penyesuaian sejak pertama kali dibuat. Namun pakemnya masih sama, gaya lumpia khas Semarang dengan isi yang tidak neko-neko. Hingga sekarang memberikan cita rasa dan kombinasi yang membuat penikmatnya datang lagi dan lagi.

Lumpia yang dibuat Catrin ini sudah ada sejak 1977. Sudah berjalan selama 44 tahun. Pertama kali dia menjajakannya di tepian Jalan Diponegoro. Dekat pintu masuk Rumah Sakit RKZ Surabaya.

Mulai dari kalangan tenaga kesehatan (nakes) hingga pembesuk dan pasien menjadi pelanggannya. Dari mulut ke mulut pamornya terus naik. Posisi itu tidak berubah. Hingga beberapa tahun terakhir penataan kota membuat lapak itu bergeser.

Kini ada di Jalan Kutai, dekat dengan pintu keluar RS RKZ Surabaya. Pertama kali hingga sekarang penjualnya masih mempertahankan gaya street food. Dijual di pinggiran dengan gerobak sederhana.

Brand Lumpia Asli Semarang depan RKZ "Catrin" yang legendaris menjadi identitas abadi penganan itu. Bahkan nama itu sudah didaftarkan dan dipatenkan menjadi merek dagang.

Lumpia Asli Semarang depan RKZ "Catrin"
Kulit yang tipis dengan isian yang padat memberikan sensasi makan lumpia yang membuat ketagihan.
Berbicara soal rasa, lumpia ini sudah mengalami banyak penyesuaian. Penerus dan ahli urusan dapur lumpia RKZ Prihadi Purwanto menyebut ada adaptasi rasa dengan lidah Suroboyoan.

Misalnya rasa manis yang tidak sampai membuat lidah cepat jenuh. Juga saus yang lebih kaya dan legit gurih. Juga tidak terlalu kental. Berbagai masukan akhirnya memunculkan rasa yang saat ini menjadi pakem.

Kemudian pengolahan rebung yang sempurna membuat cita rasa itu bisa diterima semua kalangan. Bahkan orang awam sekalipun. Mereka tidak akan merasa terganggu dengan rumor soal bau pesing rebung.

Teknik mencuci berkali-kali. Dengan waktu perebusan yang lebih dari empat jam. Memberikan rasa empuk namun tetap ada tekstur tunas bambu yang tersisa.

Lumpia ini memakai daging ayam giling, bukan dicincang. Rahasia untuk memperkaya rasa dan aroma. Sekaligus katalis bumbu yang baik. Rempah yang terikat akhirnya mempertahankan kelezatan saat dimakan.

Meski zaman dan berbagai jajanan terus bermunculan. Lumpia RKZ masih setia berkiblat pakem lumpia Semarangan. Tidak pernah ganti isi. Kecuali pesanan khusus. Hal itu yang patut diapresiasi.

Mempertahankan sesuatu itu tidak gampang. Apalagi Lumpia RKZ ini, gempuran jajanan baru tidak pernah berpengaruh. Orang tua hingga anak-anak tetap setia dengan rasanya. (Galih Adi Prasetyo)

Harga : Rp 8.000 Jam Buka : 06.00-17.00 Lokasi : https://goo.gl/maps/16CsnY6WuYrvsVHf8

Related Posts
Galih AdiPs
Senang berbagi cerita soal rasa. Menjelajah kekayaan aroma kuliner nusantara. Menorehkan kisah perjalanan yang istimewa dalam bait karya.

Related Posts

Post a Comment