F0nhw1Im2cVa7GlhePYji7coHewOm0R3J52NdT2R

Sensasi Menggoda Kepala Ikan Manyung

Garang Asem Kepala Ikan Manyung Khas Tuban
Garang Asem Kepala Ikan Manyung menjadi sajian istimewa khas Tuban dengan kuah yang segar.

Masakan ini selalu bikin rindu. Tidak banyak daerah yang mengolah ikan manyung senikmat dan sesegar ini. Garang Asem Ikan Manyung.

Tidak susah sebenarnya menemukan ikan berkumis ini. Tersebar di lautan seantero nusantara. Namun sedikit yang mengolahnya mengolahnya menjadi masakan khas.

Meskipun ada namun bukan rasa asli ikan yang ditonjolkan. Seperti mangut manyung dari Semarang. Ikan telah melalui proses pengasapan. Rasa jelas telah banyak berubah  mirip ikan asap biasa yang diolah dengan bumbu pepek dan kuah bersantan.

Tuban yang ada di jalur pantai utara (pantura) memiliki kuliner yang tentu saja membuat penikmatnya jatuh cinta. Kuah asam nan segar. Dengan rasa pedas dan berbumbu. Lalu aroma ikan yang khas menggairahkan nafsu dan perut untuk menyantapnya.

Garang Asem Kepala Ikan Manyung Khas Tuban
Kuah bening dengan rasa asam dan pedas sangat nikmat dijadikan menu makan siang.

Garang asem di sini berbeda jauh dengan yang ada di Jawa Tengah atau Jawa Barat. Yang biasanya dibungkus daun, bahan utamanya pun berupa ayam.

Garang asem ikan manyung terdiri dari racikan bawang merah, bawang putih, cabai, dan kunyit yang ditumbuk halus. Di gongso dalam minyak panas dengan campuran daun jeruk dan lengkuas. Air asam jawa atau belimbing wuluh sebagai sumber rasa asam.

Tidak lupa rajangan daun bawang sebagai topping yang melengkapi kuah kuning ini. Tanpa kondimen tambahan, sebab kuah sudah pedas. Sebagai penyegar, bisa ditambah kol atau pepaya muda.

Kaldu ikan yang kaya membawa lidah ini menari. Ringan dan beraroma. Belum lagi jika sudah ditimpali daging nan lembut dari ikan manyung. Tebal dan gurih.

Garang Asem Kepala Ikan Manyung Khas Tuban
Ikan manyung memiliki tekstur yang lembut dan berdaging tebal.

Bagian ternikmat ikan manyung ada di kepala. Disinilah banyak organ ikan ini yang istimewa. Banyak lemak ikannya. Juga jeroan yang lezat. Kalau disuruh memilih, daging yang berlimpah atau kepala? Tentu saja tanpa basa-basi pilih kepala manyung.

Bukan soal rasa saja, sensasi mencari setiap daging di sela tulang kepala. Mata ikan yang sedap saat di sruput. Kemudian bagian khusus seperti hati ikan dan insang. 

Kulit pada bagian kepala yang kenyal. Kalau menikmati ini rasanya seperti makan sup bibir ikan. Semirip itu tekstur kenyalnya.

Kemudian insang dan hati ikan yang rasanya luar biasa. Dari banyak jenis ikan, manyung merupakan salah satu yang insangnya bisa dimakan. Empuk.

Ada satu bagian yang istimewa. Yakni kantung udara yang mirip lidah. Rasanya kenyal. Mirip kikil namun dengan rasa khas ikan.

Biasanya bagian ini hanya didapatkan waktu membeli ikan utuh. Sebab kalau sudah potongan, bakal dijual ke pengepul untuk dikeringkan.

Garang Asem Kepala Ikan Manyung Khas Tuban
Bagian paling istimewa dari kepala ikan manyung yang rasanya kenyal dan menggigit.

Daging manyung tidak terlalu cocok kalau digoreng. Selain prosesnya lama, banyak lemaknya dan susah kering. Karena itu nelayan lebih banyak menjadikannya ikan asin atau yang dikenal jambal roti.

Selain kuah bening, ada beberapa tempat makan di Tuban yang juga mengolahnya dengan kuah santan. Mirip becek. Yang digunakan juga ikan segar. Bukan yang sudah diasap. (Galih Adi Prasetyo)


Related Posts
Galih AdiPs
Senang berbagi cerita soal rasa. Menjelajah kekayaan aroma kuliner nusantara. Menorehkan kisah perjalanan yang istimewa dalam bait karya.

Related Posts

Post a Comment