F0nhw1Im2cVa7GlhePYji7coHewOm0R3J52NdT2R

Kuliner Tuban : Warung Mbak Narti (1)

Warung Mbak Narti Tuban
Warung Mbak Narti di Tuban menyajikan berbagai hidangan laut dengan bumbu super pedas. Seperti udang salah satunya.

Menu di warung Mbak Narti di Tuban ini tipe kuliner hard core. Racikan bumbunya kuat. Menghasilkan rasa yang membuat lidah kelimpungan. Saking enaknya juga pedasnya.

Banyak menu yang disajikan. Mayoritas merupakan hidangan khas pesisir. Yang berbahan utama hasil laut. Mulai dari cumi-cumi hitam, telur ikan, kerang, udang, kepala ikan manyung, hingga lobster dan rajungan.

Ada juga menu yang bukan dari pesisir. Tetapi populer juga di Tuban. Seperti belut, bekicot, dan menthok.

Masing-masing memiliki cita rasa yang khas. Tetapi tone rasa yang didapatkan saat akhir mencicipinya sama. Level pedas rawi yang maksimal, tanpa campuran merica. Siapkan lidah dan kondisi perut kalau kurang terbiasa membakar lambung.

Warung Mbak Narti Tuban
Warung Mbak Narti Tuban yang tidak banyak berubah sejak dulu.

Warung Mbak Narti ini lokasinya masih suasana desa. Lengkap dengan pemandangan tegalan. Kandang sepi dan kokoh menjulang pohon siwalan. Pohon yang menghasilkan legen minuman khas Tuban.

Sejak berdiri 16 tahun yang lalu. Warung milik Sunarti ini tidak banyak berubah. Layaknya suasana rumah, tidak seperti tempat makan lain yang biasanya memberikan rasa depot.

Di desain untuk santap bersama keluarga. Porsi nya pun jumbo. Meja dan kursi panjang, bak ruang tamu omah lawas. Belum lagi penjual yang akrab, tahu apa yang di mau pelanggannya.

Warung Mbak Narti Tuban
Oseng Cumi Hitam warung mbak narti dengan aroma daun jeruk dan rasa pedas.

Tenang, meski di desa akses ke Warung Mbak Narti ini tidak membingungkan. Petunjuk ke lokasi lengkap. Di google maps juga jelas, tidak akan nyasar. Lokasinya ada di Dusun Keduran, Desa Panyuran, Kecamatan Palang, Tuban.

Saya sudah beberapa kali datang ke sini. Berbagai menu andalan sudah pernah saya cicipi. Favorit saya adalah oseng cumi sotong atau iwak nus dalam bahasa lokal. Kemudian becek menthok dan juga kepala ikan manyung.

Sayang saat bertandang ke sana akhir Januari 2021 lalu saya kurang beruntung. Mbak Narti tidak memasak kepala manyung. Harganya melambung terlalu tinggi, akibat cuaca buruk yang terus membatasi aktivitas nelayan.

Warung Mbak Narti Tuban
Bekicot merupakan salah satu menu favorit di Warung Mbak Narti Tuban.

Iwak nus pun menjadi pilihan. Cumi-cumi yang dipakai jenis sotong atau akrab dengan sebutan balakutak. Ukurannya besar. Kemudian dagingnya di potong dadu.

Cara memasaknya dioseng dengan dengan bumbu dobel. Bumbu rajangan dan halus. Seperti bawang merah, bawang putih, laos, daun jeruk untuk memberikan aroma yang wangi.

Satu porsi dihidangkan dalam piring kecil. Sebesar lepek kopi. Mundung-mundung dan penuh. Sebagai finishing touch ada bawang goreng yang ditaburkan di atas hidangan. Cukup di santap untuk dua orang.

Satu hal yang tidak boleh dilupakan, tinta cumi tidak dihilangkan. Dimasak untuk memberikan warna dan rasa gurih natural dari nus. Meskipun ending nya akan menghadirkan kuliner dengan warna yang kurang menarik bagi sebagian orang.

Bumbu cumi dari Warung Mbak Narti ini memberikan rasa pedas saat pertama di cecap. Kemudian perpaduan sedap rempah yang dimasak. Tekstur daging yang kenyal dan lembut memiliki rasa yang gurih.

Warung Mbak Narti Tuban
Belut merupakan salah satu varian khas masakan Tuban yang wajib dicicipi. 

Soal bumbu, cumi Mbak Narti memiliki hint manis. Namun tidak over, tetap ada rasa gurih yang menyembul. Bumbu yang tercampur dan melimpah memberikan sensasi makan yang nikmat. Cocok di santap dengan nasi sebagai penyeimbangnya agar tidak terlalu kuat.

Kemudian yang patut di coba lagi adalah belutnya. Di masak krengseng dengan bumbu jangkep. Tekstur daging yang lembut dan agak kering karena digoreng dahulu. Berpadu rasa dengan bumbu yang menguar harum. Tentu rasanya juga pedas.

Ada lagi bekicot atau siput. Bumbu yang digunakan senada dengan belut. Namun lebih kering. Juga tidak semelimpah belut.

Namun saya kurang pas dengan olahan bekicot di sini. Sebab bekicot masih terlalu basah. Juga menyisakan bau khas dari bekicot.

Sederet menu lain seperti kerang, udang, uritan, dan telur rajungan juga tersedia. Sama-sama nikmatnya. Kaya bumbu yang machtig. Tidak akan membuat lidah kecewa menyantapnya.

Warung Mbak Narti Tuban
Sandingan menu di Warung Mbak Narti Tuban selain nasi putih adalah nasi jagung.

Satu hal lagi yang perlu diketahui. Di warung Mbak Narti ini memiliki dua pilihan sumber karbohidrat. Nasi putih atau nasi jagung.

Berbeda dengan nasi jagung di Madura. Nasi Jagung tuban pyur menggunakan jagung tumbuk. Tidak ada tambahan beras.

Ini yang istimewa, rasanya beda. Lebih gurih. Kemepyar di mulut. Beradu nikmat dengan tambahan lauk yang disantap. Rasa nasi jagung yang minimalis memang cocok disandingkan dengan masakan Warung Mbak Narti yang wani. Saya rekomendasikan saat bertandang cobalah memilih menu ini. 

Namun harus diingat, jangan makan nasi jagung saat perut benar-benar kosong. Bagi sebagian orang akan membuat perut terasa sebah atau begah. (Galih Adi Prasetyo)
Harga : Rp 25.000 (tanpa nasi)
Jam Buka : 09.00-14.00
Related Posts
Galih AdiPs
Senang berbagi cerita soal rasa. Menjelajah kekayaan aroma kuliner nusantara. Menorehkan kisah perjalanan yang istimewa dalam bait karya.

Related Posts

Post a Comment