F0nhw1Im2cVa7GlhePYji7coHewOm0R3J52NdT2R

Pangsit Mi Ayam Nginden Raya Khas Makassar

Pangsit Mi Ayam Nginden Raya Khas Makassar Pak Panji
Pangsit Mi Ayam Nginden Raya Khas Makassar buatan Pak Panji ini menyajikan hidangan mi khas yang istimewa.

Akhirnya menemukan mi pangsit yang cocok dengan selera saya di Surabaya. Tidak gampang bikin enek. Bumbunya pas, tidak over.

Kebanyakan mi pangsit putihan - gaya pangsit jakarta - cepat membuat bosan penikmatnya. Rasanya monoton, permainan bumbu hanya berkutat pada asin dan manis saja. Ketergantungan pada penyedap rasa sangat tinggi.

Ujung-ujungnya harus ditambah bumbu pelengkap. Seperti saus dan kecap. Sayangnya, rasa asli bakal kalah. Kehilangan rasa dasar dari makanan tersebut.

Namun kali ini situasinya berbeda. Pekan lalu saya mencicipi Pangsit Mi Ayam Nginden Raya Khas Makassar. Semangkuk jumbo tanpa kondimen sanggup saya habiskan. 

Lahap. Sungguh kondisi yang sangat langka bagi diri saya sendiri. Ini bukan hanya sekedar side dish, tapi lebih mengarah ke comfort food.

Pangsit Mi Ayam Nginden Raya Khas Makassar Pak Panji
Ada kombinasi ayam, jamur, dan udang yang bisa dipilih sebagai topping utama Pangsit Mi Ayam Nginden Raya Khas Makassar ini.

Kombinasi bumbu pangsit membaur cantik. Lidah dimanjakan tanpa after taste berlemak dan umami yang berlebih. Ringan di mulut, meskipun saya menikmatinya tanpa kuah.

Ya mi pangsit buatan Pak Panji ini benar-benar menghipnotis saya. Berjualan sejak tahun 2011. Lokasinya juga belum berubah, tepatnya di Jalan Nginden Raya.

Pak Panji menyebut sajiannya sebagai Mi Pangsit gaya Makassar. Plating nya sungguh cantik. Sangat instagramable, meskipun kelasnya hanya depot biasa.

Dalam semangkuk mi, ada topping yang terdiri dari ayam, udang, dan jamur. Finishing touch nya adalah daun bawang yang diiris halus.  Lengkap dengan kuah bening yang gurih dengan kaldu yang ciamik.

Pangsit Mi Ayam Nginden Raya Khas Makassar Pak Panji
Bentuk mi tiga kali lebih besar daripada Indomie, tentu saja lebih kenyal dan padat.

Bumbu dasarnya pun sederhana saja. Seperti garam  merica, kecap asin, minyak bawang, dan bubuk rahasia seperti penyedap. Lalu diatasnya diberi lauk tambahan.

Mi yang masih diselimuti uap panas itu langsung diaduk bersama bumbu. Bayangkan saja sedap dan harum komponen yang di mix jadi satu itu. Kemudian dituang ke mangkuk saji.

Jika biasanya pangsit menggunakan ayam cincang atau di potong dadu. Mi Pangsit Makassar ini memakai ayam yang diiris tipis. Seperti sayatan ayam pada soto. Warnanya agak gelap, bukan putih. 

Gurih dengan after taste yang sedikit manis khas ayam. Teksturnya lembut namun tetap meninggalkan serat. Pak Panji menggunakan ayam kampung untuk bahan yang satu ini.

Jika tidak doyan jamur, bisa diganti saja dengan topping ayam. Bagi saya, jamur memperkaya tekstur saat memakan pangsit ini. Gigitan dan kekenyalan yang diberikan mengimbangi tekstur bahan yang lain. Ada kejutan tekstur renyah.

Mi yang digunakan juga lembut. Tidak benyek meskipun di bungkus dan di makan di rumah. Mi itu juga diolah sendiri dari dapur rahasia Pak Panji.

Pangsit Mi Ayam Nginden Raya Khas Makassar Pak Panji
Pak Panji saat meracik mi pangsit untuk pelanggannya.

Seperti mi pangsit kebanyakan. Dalam tumpukan mi tersembunyi pangsit rebus. Sangat lembut. Isian tengahnya adalah ayam giling. Aroma merica dan daun bawang yang kental menambah selera makan penikmatnya.

Ayam kampung menjadi bagian pencipta rasa kaldu yang umami itu. Spektrum cita rasa semakin lengkap. Sehingga muncul signature dish yang istimewa ini.

Kuahnya berbeda dengan yang lain. Tidak berlemak, juga meninggalkan rasa gurih yang berat. Aroma kaldu mengayun tipis di hidung. Sangat menawan. Jika saja menggunakan ayam pedaging, rasanya bakal berbeda. kaldunya lebih enek juga berlemak. Yang ini berbeda, kaldunya terasa segar dan ringan di lidah.

Pangsit Mi Ayam Nginden Raya Khas Makassar
Pangsit Mi Ayam Nginden Raya Khas Makassar
Side dish pangsit rebus yang bisa dicicipi saat berkunjung ke sini.

Selain Mi Pangsit Makassar, menu lain yang sangat saya rekomendasikan adalah pangsit rebusnya. Cocok saat suasana dingin. Kulit pangsit lembut dan kuah gurih. Lalu digabungkan dengan isian ayam giling yang memberikan rasa kenyal yang mengejutkan lidah. Kenyal, padat, dan berisi.

Satu lagi istimewanya mi pangsit ini. HALAL. Tidak ada penggunaan daging babi yang sering dijumpai. Menu mi pangsit konvensional menggunakan char siu daging babi. Nah Pak Panji menggunakan ayam kampung sebagai dasar utamanya. (Galih Adi Prasetyo)

Skor : 8.5/10
Harga : Rp 20.000-25.000
Jam Buka : 17.00-23.00
Related Posts
Galih AdiPs
Senang berbagi cerita soal rasa. Menjelajah kekayaan aroma kuliner nusantara. Menorehkan kisah perjalanan yang istimewa dalam bait karya.

Related Posts

1 comment

  1. Dari gambarnya saja sudah menggugah selera ya mas — Mayanesia.com

    ReplyDelete